Makalh Alat-Alat Pendidikan

00.54 Posted In Edit This 0 Comments »

BAB I

PENDAHUAN

1.1. Latar Belakang

Hal-hal atau keadaan-keadaan yang ikut serta menentukan pada berhasilnya pendidikan adalah dengan adanya alat-alat pendidikan yang lebih konkrit dan lebih jelas pengaruhnya pada proses pelaksanaan pendidikan.

Alat-alat pendiddikan berupa perbuatan-perbuatan atau tindakan-tindakan yang secara kokrit dan tegas dilaksanakan guna menjaga agar proses pendidikan bisa berjalan dengan lancar dan berhasil, tindakan-tindakan sebagai alat. Pendidikan dapat berbentuk seperti peraturan-peraturan tata tertip, tapi dapat juga berupa tindakan yang nyata seperti halnya dengan tindakan hukuman.

Termasuk juga faktor-faktor pendidikan seperti kedaan gedung sekolah perlengkapan sekolah alat-alat pelajaran dan fasilitas-fasilitas lainnya seperti perpustakaan.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarakan latar belakang diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah dengan Alat-alat pendidikan itu kita dapat termotivasi untuk belajar

1.3. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penelitian adalah untuk membuktikan apakah dengan alat-alat pendidikan tersebut dapat meningkatkan motivasi untuk belajar.

BAB II

ALAT-ALAT PENDIDIKAN

v Papan tulis

Papan tulis tidak boleh mengkilat hingga menyilaukan pandangan-pandangan muri setiap kali papan tulis harus di perbaharui.

v Bangku untuk murid

Yang lebih baik dan praktis ialah meja yang terpisah dengan tempat duduknya baik tempat duduk ataupun kursi biasa. Meja dan tempat duduk yang demikian lebih luwes atau lebih bebas sedangkan dipergunakan tinggi biasa dipergunakan kursi yang diberi daun tempat menulis.

v Alat-alat pelajaran

Termasuk buku-buku, alat peraga, alat-alat kimia alat-alat ilmu alam dan juga kebun atau halaman sekolah.

Disamping apa yang dikemukakan diatas maka alat-alat pendidikan bewujud pula sebagai pembiasaan pemberian tugas dan petunjuk pemberian kesempatan mengadakan penyesuaian diri dalam berfikir dan berbuat diskusi dan pemecahan masalah.

v Pengajaran

Pengajaran juga salah satu alat pendidikan dengan demikian apa yang disebut dengan alat pengajaran atau pelajaran adalah segala situasi/perbuata dengan mana akan tercapai tujuan pengajaran yaitu seperti: papan tulis, kapur, penghapus, kursi dan lain sebagainya yang kita lihat di dalam kelas dimana orang dewasa telah menduduki fungsinya sebagai pendidik.

BAB III

P E N U T U P

Kesimpulan

Berdasarkan dari hasil yang kami dapat dari berbagai sumber maka dapat disimpulkan bahwa alat-alat pendidikan sangat berpengaruh pada proses belajar dan siswa akan termotivasi untuk belajar.

DAFTAR PUSTAKA

- Saifullah Ali, Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan, Usaha Nasional, Surabaya-Indonesia.

- Inra Kusuma Amir Daien, Pengantar Pendidikan, Usaha Nasional. Surabaya-Indonesia

0 komentar: